Alasan SMK Lebih Baik

Ketika anda baru saja lulus dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) maka selanjutnya anda akan melanjutkan ada 2 opsi yang cukup populer dan lumayan berbeda yaitu SMA atau SMK. Walaupun ada juga yang namanya madrasah, tapi madrasah ini hampir sama seperti sekolah umum secara kurikulum hanya saja ada penambahan pelajaran. Berbeda dengan SMK atau Sekolah Menengah Kejurusan disini ada kata kejurusan yang dimana peserta didik dipersiapkan untuk siap bekerja sesuai bidangnya. 

SMK Hebat

Saya sendiri adalah seseorang yang berasal dari SMK, saya akan sedikit sharing pengalaman saya yang saya rasakan. Berikut alasan kenapa anda lebih baik sekolah di SMK;

Sesuai Bakat Minat
Jika kita bersekolah di SMA anda hanya akan disuguhkan oleh mata pelajaran umum yang biasa anda terima sebelumnya sewaktu SMP atau SD. Di SMK namanya kejuruan anda akan belajar mata pelajaran umum ditambah dengan mata pelajaran kejuruan yang anda pilih. Disinilah kenapa SMK lebih sesuai minat bakat anda. Semisa anda punya bakat dan minat tentang komputer bisa masuk ke SMK jurusan TKJ (teknik komputer jaringan). Anda punya bakat gambar pengen belajar animasi ada SMK jurusan animasi. Ingin belajar tentang videografi anda bisa masuk ke jurusan broadcasting. Banyak sekali jurusan SMK tinggal anda sesuaikan dengan minat bakat anda masing-masing.

Anda Akan Semangat Belajar
Ketika anda belajar hal yang anda sukai, anda minati dan itu passion anda, semangat anda akan belajar akan lebih. Proses belajar menjadi lebih menyenangkan di SMK selama jurusan yang anda pilih memang sesuai dengan minat bakat anda. Anda bisa mengembangkan minat bakat anda jauh lebih besar lagi bersama teman-teman anda. Masalah nilai tidak usah anda pikirkan, selama prosesnya anda suka dan lakukan dengan niat dan upaya terbaik maka hasilnya tidak akan mengecewakan anda itulah yang saya dapat selama SMK. Selama saya bersekolah tidak usah pikirkan nilai, lakukan yang terbaik yang anda bisa maka nilai tidak akan menghianati anda.

Berjiwa Kewirausahaan dan Hidup Mandiri
Di SMK selain ada pelajaran kewirausaahan yang mengajari jiwa wirausaha di mata pelajaran produktif (kejuruan) ada juga mata pelajaran yang mengharus anda berwirausaha menghasil sebuah produk yang bisa dijual ke masyarakat. Anda akan terjun ke masyarakat untuk berjualan produk jurusan anda itulah yang saya lakukan selama masa SMK di Jurusan Multimedia. Waktu itu saya bersama kelompok saya mendirikan photobooth yang hasilnya berupa gantungan kunci. Kita berjualan di car free day selama 4 minggu. Disitulah saya merasakan susahnya mencari uang, dimana perencanaan sering tidak sejalan dengan realita itulah bisnis dimana kita perlu terus belajar dan pantang menyerah.

Kebersamaan dengan Teman Lebih
Di SMK kita dituntut untuk bisa berkerja sama dengan baik dengan teman satu tim. Sesuai tujuannya smk dimana lulusannya diharapkan bisa masuk ke dunia kerja atau dunia industri. Dimana ketika kita bekerja kita tidak bisa lepas akan namanya orang lain, kita pasti butuh yang namanya sebuah kerjasama untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Inilah kenapa jika anda bersekolah di SMK anda akan dihadapkan tugas-tugas kelompok yang bisa anda selama berminggu-minggu, berbulan-bulan disiniilah chemistri dan rasa seperjuangan di SMK lebih dan lebih dibandingkan SMA. Hari-hari di sekolah dilalui bersama, diluar sekolah masih ada tugas kelompok dan belum lagi jika kita bermain atau berlibur. Ikatan kekelurgaan SMK akan anda rasakan paling berarti.

Hidup Mandiri dan Punya Pengalaman Bekerja
Di SMK ada yang namanya PKL atau Praktek Kerja Lapangan dimana kita selama beberapa bulan akan terjun didunia kerja dan dunia industri. Saya sendiri PKL selama 3 bulan di kota orang. Saya belajar banyak akan dunia kerja. Bahkan angkatan diatas saya sekarang ini menikmati masa PKL selama 6 bulan dengan dibagi 2 waktu selama 3 bulan di kelas 11 dan 3 bulan di kelas 12. PKL ini sangat penting untuk SMK agar para siswa tahu dan merasakan bagaimana rasanya bekerja karena memang lulusan smk ditujukan untuk itu. Selama PKL anda bisa merasakan yang namanya hidup mandiri, anda bisa mencoba PKL di luar kota untuk pengalaman yang lebih baik.

Lulus Bisa Bekerja atau Melanjutkan ke Perguruan Tinggi
Tujuan SMK adalah agar lulusannya bisa langsung bekerja masuk ke dunia kerja atau dunia industri, serta bisa juga mendirikan usaha sesuai dengan bidang keahliannya. Karena secara kurikulum sudah diajarkan tentang keahlian yang diperlukan untuk bekerja, sudah merasakan dunia kerja melalui pkl, merasa dunia industri melalui kunjungan industri dan memiliki jiwa dan keberanian akan berwirausaha. Dibandingkan lulusan SMA, anda lulusan SMK mempunyai keahlian dan pengalaman bekerja. Anda punya ketrampilan sesuai kejuruan anda. 

Tapi ada satu mitos bahka SMK tidak bisa lanjut ke perguruan tinggi atau melanjutkan pendidikan kuliah.

Semua itu mitos ya, SMK anda bisa juga masuk ke perguruan tinggi negeri. Tetap sama seperti SMA anda bisa masuk melalui jalur undangan SNMPTN, SBMPTN ataupun mendaftar secara mandiri. Tidak sedikit juga teman saya SMK masuk melalui jalur undangan SNMPTN dan juga SBMPTN. Semua tergantung anda. Belum lagi jika anda berprestasi anda biasanya bisa dengan mudah diterima diperguruan tinggi negeri. Yang perlu anda perhatikan jika anda ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri anda perlu belajar lebih akan soal-soal test seleksinya karena jika dibandingkan SMA, anda akan lebih kesulitan karena materi soalnya adalah materi soal anak SMA. Tapi bukan berarti anda tidak bisa diterima, tinggal anda mau belajar atau tidak.

Anda Punya Hal Lebih Diperkuliahan
Jika anda melanjutkan pendidikan di perkuliahan selama jurusan yang anda ambil di perguruan tinggi sama atau masih berhubungan dengan jurusan anda di SMK, maka anda punya start dan modal lebih untuk terus belajar. Dibandingkan teman anda yang SMA anda jauh lebih tahu tentang materi perkuliahan. Anda tidak belajar mulai dari 0. Inilah yang saya rasakan saat ini.

Itu dia hal opini dan pendapat saya tentang kenapa bersekolah di SMK lebih baik dibandingkan SMA, ini semua murni opini pribadi berdasarkan pengalaman saya sewaktu SMK. Anda boleh setuju atau tidak, jangan terlalu dianggap benar juga. Jika anda punya pendapat lain silakan tuliskan dikolom komentar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Mengenali Diri dan Meraih Mimpi bersama Ruangguru

Cara Mencari NISN

Tips Dalam Ikut Lomba Videografi (Agar Menang)